GLC Sukses Laksanakan Bimtek Sinergitas dan Implementasi Raperda PDRB di Jatim


Malang, 4 Desember 2023 - Government Learning Centre (GLC) sukses melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sinergitas dan Implementasi Raperda PDRB antara Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten di Jawa Timur.

Kegiatan ini diikuti oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengolaan Pendapatan Daerah dari seluruh Jawa Timur. Turut serta juga dalam kegiatan ini adalah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Rumah Sakit Syaiful Anwar.

Dalam sambutannya, Direktur GLC, Drs. Muhammad Solihin, M.Si menyampaikan ucapan selamat kepada peserta yang telah aktif mengikuti bimtek ini. Diskusi utama berkisar pada teknis Pelaksanaan Pajak Daerah (PDRD) yang menjadi fokus dalam Raperda PDRB.

Kegiatan ini dipandu oleh tema besar, yaitu "Visi Daerah Dalam Meningkatkan Potensi Pajak dan Retribusi Daerah." Narasumber pertama, Maurits Panjaitan, diwakilkan oleh Desyaweda, S.I.P., M.A.P, memberikan pemaparan mengenai Manfaat Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan Daerah (UHKPD) serta Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2023 bagi Daerah.



Narasumber kedua, Dr. Gani Muhammad, diwakilkan oleh Aditia S.STP., membahas lebih lanjut mengenai implementasi UHKPD dan PP Nomor 35 Tahun 2023. Sementara itu, Prof. M. Mas'ud Said, M.M., Ph.D, sebagai narasumber ketiga, menjelaskan tentang Evaluasi dan Implementasi Ranperda UHKPD dan PP Nomor 35 Tahun 2023.

Kemudian, Dr. Bobby Sumiarsono, sebagai narasumber terakhir, memberikan wawasan mengenai Sinergitas dalam Ranperda UHKPD dan PP No. 35 Tahun 2023 antara Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengimplementasikan Raperda PDRB, sehingga sinergitas antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Jawa Timur dapat terwujud dengan lebih baik, membawa dampak positif pada peningkatan potensi pajak dan retribusi daerah.

0 Komentar

Terbaru